Monday, December 24, 2018

TIPS SAAT AKAN MELAKUKAN ATAU MENGAWALI SKRIPSI / TA.



Pada saat ini pendidikan menuju jenjang Sarjana menjadi lebih murah. Sehingga hampir semua kalangan bisa mencapainya. Meskipun pada kenyataannya masih banyak para anak muda yang tidak melanjutkan ke jenjang sarjana dengan berbagai alas an. Seperti malas melanjutkan karena ingin membantu orang tua atau memang karena biaya. Bahkan masih ada yang tidak dapat melanjutkan pendidikan meskipun hanya sampai smp.
Hasil gambar untuk skripsi
Cukup bahasan mengenai pendidikan nya kita mulai berfokus pada mahasiswa yang telah belajar selama 2/3 tahun di kampusnya yang mungkin ingin segera memulai Tugas Akhir atau Skripsi. Ya memang memulai sesuatu itu akan menjadi lebih sulit ketika kita bingung harus memulai dari mana. Salah salah malah memulai dari hal yang paling sulit dan malah membuat kita menjadi lebih sulit dalam mengerjakan Tugas akhir tersebut. Maka dari itu saya berikan tips-tips yang berawal dari pengalaman saya mengerjakan tugas akhir saya.


  1. Oke kita mulai dari tips pertama.4 Tentukan terlebih dahulu kira-kira kita senangnya di bidang apa.
  2. Carilah permasalahan dari bidang yang nantinya akan kita garap untuk tugas akhir kita.
  3. Setelah bertemu dengan permasalahan kita dapat menentukkan metode yang nantinya akan kita gunakan. Jika merasa bingung ingin menggunakan metode apa. Jangan segan untuk menanyakan kepada dosen yang memegang bidang yang akan kalian geluti untuk tugas akhir.
  4. Setelah bertemu dengan metode buatlah perancangan mengenai latar belakang kita mengangkat permasalahan tersebut. Serta apakah metode kita dapat menyelesaikan permasalahan
  5. Carilah referensi-referensi dari paper-paper yang di publish di Science Direct , Ieee-explore , atau di Google Scholar . itu adalah beberapa situs yang memiliki banyak koleksi jurnal.
  6. Bacalah dengan seksama jurnal-jurnal yang ada hubungannya dengan metode yang akan kalian gunakan. Setalah mendapatkan metodenya sampaikan pemahaman kalian mengenai metode tersebut kepada pembimbing kalian. Diskusikan metode tersebut.
  7. Kemudian buatlah langkah-langkah pengerjaan serta kebutuhan apa saja yang nanti akan di gunakan pada tugas akhir anda.
  8. Kemudian dari hal-hal di atas buatlah judul yang sesuai dengan masalah serta metode yang digunakan.

Itulah sedikit tips dari saya saat akan memulai Tugas Akhir. Untuk tips saat pengerjaannya silahkan follow kalo memang tips ini bermanfaat bagi kalian yang akan melaksanakan skripsi atau yang telah melaksanakan namun masih berkutat pada masalah yang sebenarnya langkahnya telah terlalu jauh. Sekian tips kali ini semoga bermafaat. terimakasih

No comments:

Post a Comment