Monday, December 24, 2018

Mengatasi Dev C++ Yang Bisa Menggunakan Perintah system



Dalam beberapa installer software tidak semuanya merupakan full version namun ada sebagian yang biasanya harus di crack. Namun pada sebagian besar software untuk membuat coding jarang menggunakan serial atau tidak perlu menggunakan crack.

Software untuk coding yang biasanya disebut pula Compiller, melakukan compile terhadap file. Compile adalah proses menerjemahkan suatu bahasa pemrograman agar dapat dipahami oleh suatu program. Sehingga program yang dibuat dapat berjalan pada flatform yang diinginkan. seperti untuk Java biasanya menggunakan compiller netbeans. 

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman. Namun bahasa pemrograman ini sudah menjadi bahasa tingkat tinggi. yaitu bahasa yang dapat dipahami manusia. sedangkan mesin tidak dapat mengerti bahasa ini. Maka, digunakan compiler untuk menerjemahkannya.

Untuk bahasa C yang biasanya digunakan untuk pemrograman berbasis hardware untuk pembelajaran pemahaman penggunaan biasanya menggunakan software DevC++ untuk Sistem Operasi Windows. Bahasa C ini termasuk bahasa tingkat rendah namun masih dapat dipahami oleh manusia. Seperti halnya bahasa java untuk dapat berjalan dalam flatform yang diinginkan harus melakukan kompilasi dengan compiler atau penerjemahan bahasa. Untuk java jarang sekali ditemukan masalah karena memang ukuran compiler yang besar.

Namun  untuk DevC++ sering terjadi beberapa kendala seperti tidak dapat menggunakan perintah system("cls"); pada dev c++. Di sini saya berbagi cara mengatasi hal tersebut. Ini terjadi karena tidak lengkapnya library pada program yang anda instalkan, karena biasanya dengan versi yang berbeda membuat beberapa coment dasar menjadi berubah salah satunya pada header jika versi lama #include <iostream.h> pada versi baru menggunakan #include <iostream>. memang tidak jauh berbeda namun ini dapat menyebabkan eror pada saat kompilasi karena tidak di temukannya library tersebut.

untuk mengatasinya download dulu file zipnya di sini.

dan tutorialnya di sini.

No comments:

Post a Comment