Monday, December 24, 2018

Tutorial Web App Microsoft Azure


Microsoft azure adalah salah satu dari program atau software Microsoft yang berfungsi untuk membangun suatu aplikasi yang terkoneksi secara langsung dengan internet. Salah satunya adalah web app yang akan dibahas cara pembuatan akun dan proses buildnya pada Microsoft azure.
Kita dapat membuka Microsoft azure di browser kita dengan membuka halaman http://portal.azure.com kemudian login atau daftar akun Microsoft azure. Jika anda memiliki akun Microsoft bias langsung login dengan akun Microsoft. Kemudian untuk dapat menggunakan feature dari Microsoft ini harus membayar atau membeli subscriber. Tetapi untuk pelajar dapat menggunakan akun Microsoft  dreamspark untuk mendapatkan subscriber sebagai pelajar.
Setelah mengaktifkan feature Microsoft azure nya kita gunakan featurenya. Karena saya menggunakan dreamspark akun jadi tidak semua feature dapat digunakan hanya feature yang bermuatan student saja yang dapat kita gunakan. Nah, kita mulai saja mengenai bagaimana membuat web app di Microsoft azure.
Pertama, setelah masuk ke Microsoft azure kita dapat melihat di sebelah kiri layar kita banyak feature Microsoft azure yang dapat kita gunakan. Karena kita akan membuat aplikasi web baru maka kita pilih pilihan new. Seperti inilah tampilannya.



 Setelah kita memilih new banyak feature yang dapat kita gunakan. Tetapi tidak semua dapat saya gunakan karena saya menggunakan akun pelajar. Karena kita  akan membuat aplikasi web maka pilihan yang kita pilih web + mobile.



Kita dapat membuat web app dan mobile app. Seperti yang saya tuliskan sebelumnya karena akun saya akun pelajar maka tidak dapat menggunakan seluruh feature dari Microsoft azure. Feature yang dapat kita gunakan berwarna terang sedangkan yang lebih redup bisa digunakan apabila kita membayar dan bukan menggunakan akun pelajar pada Microsoft azure kita.
Karena kita akan membuat web app bukan mobile app maka kita pilih web app.




Setelah memilih web app kita akan diminta nama dari aplikasi kita. Untuk subscriptionnya akan langsung terisi. Karena saya menggunakan akun pelajar dan telah mengaktifkan dreamspark maka pilihannya adalah dreamspark. Untuk grup kita pilih default terlebih dahulu. Apabila kita telah memiliki grup maka buatlah grup tersebut. Untuk service plan silahkan di pilih layanan yang akan anda buat akan berjalan dimana. Secara default aplikasi kita akan berjalan US. Kita bisa create new untuk membuat aplikasi kita berjalan dilokasi yang kita inginkan.


Pada pilihan paling kanan kita menentukan dimana lokasi aplikasi kita berjalan. Pertama beri nama untuk rencana layanan kita. Karena saya tinggal di asia maka pilih asia. Untuk pricing saya isi dengan free. Setelah itu pilih ok dan app service plan kita akan berubah menjadi southeast asia.



Setelah itu kita create saja web aplikasinya. Kita akan dikembalikan ke halaman utama dan menunggu proses submitting apps dari web aplikasi yang baru kita buat.


Setelah submitting selesai maka akan ada pemberitahuan bahwa aplikasi web telah dibuat. Lalu kita akan masuk ke tampilan pengaturan web app yang telah kita buat tadi.


Kita dapat membuka web app kita dengan mengcopy url atau klik saja urlnya. Maka kita akan di arahkan ke url dari web app yang kita buat tadi.




Inilah tampilan awal web app yang anda buat. Karena kita belum mengganti tampilannya maka tampilan default inilah yang nantinya akan tampil. Kita dapat memasukkan web yang kita buat dengan menggunakan mode ftp. Sebelum itu kita kembali ke Microsoft azure kita kemudian buka setting.




Kemudian pilih deployment credentials. Lalu masukkan ftp username anda dan passwordnya. Pembuatan user ini berfungsi sebagai username dan password ketika kita login menggunakan ftp untuk mengubah file dalam web app kita. Setelah kita buat akun kemudian kita cek isi dari web aplikasi kita dengan melakukan copy pada halaman FTP hostname. Kemudian buka internet explorer dan paste ftp hostname yang tadi kita copy ke laman web internet explorer tersebut.





Kita akan diminta login. Maka gunakan username serta password yang tadi kita buat. Untuk user name yang digunakan adalah user name yang tertera pada laman web app kita di Microsoft azure. Yaitu pada ftp/deployment username. Atau nama aplikasi_kita\username_yang_dibuat. Kemudian masukkan password yang kita buat tadi.





Inilah isi default dari web app Microsoft azure yang kita buat tadi. Kita dapat mengubahnya dengan mengguna file zilla atau dengan mengakses ftp tersebut dengan explorer. Caranya dengan mengetikkan atau melakukan paste dari halaman ftp hostname kita di tulisan folder kita berada.





Kemudian masukkan username dan password seperti saat kita login di internet explorer. Dan kita dapat mengakses ftp kita.kemudian jika ingin mengganti halaman awal dengan web kita. kita  harus membuka file site dan wwwroot kemudian ganti file yang ada di sna dengan web kita.

 

Ini adalah web tugas kuliah saya. Saya masukkan webnya untuk percobaan dan inilah hasil setelah saya mengupload file halaman web saya di folder site\wwwroot. Ini dia tampilan web saya.






Kita dapat menghapus dan mengunggah/upload secara langsung. Apabila kita telah memiliki web app tinggal kita copy saja ke ftp kita tadi. Setelah itu kita dapat membukanya di internet explorer untuk melakukan pengecekkan apakah web app kita telah terupload atau belum. Apabila telah terupload kita dapat mengecek web kita yang ada pada halaman aplikasi azure kita tadi. Untuk halaman yang pertama kali dicari dan dibuka adalah index maka buatlah halaman pertama dari aplikasi web anda bernama index.


No comments:

Post a Comment