Monday, December 24, 2018

Setting Webserver pada Debian6

Setelah selesai membuat DNS server seperti telah saya tulis pada post sebelumnya sekarang saatnya membuat Webservernya. Pembuatan webserver ini adalah agar dapat mengatur laman web pada domain anda. Sehingga ketika diketikkan domain anda akan muncul halaman web sesuai yang anda inginkan. Untuk tampilan web dapat dipelajari dengan menggunakan html atau css. Namun hal ini berbeda penjelasan untuk post ini. Untuk tampilan lebih ke pemrograman web.
Sebelum memulai konfigurasi siapkan disk telebih dahulu karena akan melakukan instalasi dari disk debian. Seperti pada post sebelumnya. Jika sudah maka tinggal melakukan penginstalan.
Install tool untuk webserver saya menggunakan apache karena menurut saya lebih mudah. Maka untuk melakukan instalasi apache ini ketikkan perintah apt-get install apache2. 

# apt-get install apache2
 
Setelah instalasi selesai kita akan mengkonfigurasi kan default webserver yang terletak pada folder /var/www agar dipindahkan ke folder yang kita inginkan. Untuk melakukan konfigurasi ini kita dapat melakukan copy pada file default di direktori /etc/apache2/sites-available dengan masuk terlebih dahulu ke direktori tersebut dengan mengetikkan perintah #cd /etc/apache2/sites-available kemudian copy file default dengan perintah #cp default kiki. Kiki merupakan nama file baru jadi sesuaikan saja dengan nama yang anda inginkan. Dan buka file tersebut dengan sintak #nano kiki



Kemudian edit file baru tersebut dengan mengganti serveradmin webmaster@localhost dengan serveradmin domain anda, dan tambahkan ServerName domain anda. Kemudian Edit DocumentRoot dan ganti dengan direktori yang anda inginkan contoh saya menyimpan di folder /home/kiki/www/public_html, dan lakukan hal yang sama pada direktori.


Setelah itu enable site tersebut. Atau enable file yang baru dibuat dengan melakukan perintah #a2ensite (namafile) hal ini harus dilakukan karena jika tidak website anda tidak akan mengarah pada halaman yang anda inginkan namun akan masuk ke folder default. Contohnya #a2ensite kiki



Kemudian kita buat direktori yang kita pakai pada saat melakukan setting pada site tadi. Agar lebih mempermudah ke tahapan berikutnya kita buat saja user bernama kiki dengan perintah #adduser (namauser) dalam hal ini saya menggunakan user kiki. Kemudian isikan password . setelah itu bisa langsung tekan enter saja.




Karena direktori default saya berada pada /home/kiki/www/public_html maka buat terlebih dahulu folder www dan public_html didalam folder kiki. Masuk terlebih dahulu ke direktori kiki dengan perintah #cd /home/kiki kemudian #mkdir www  lalu #cd www dan #mkdir public_html  kemudian masuk ke direktori public_html dan buatlah sebuat file index.html dengan perintah #nano index.html.








Kemudian save index.html ini dan restart service apache2 agar konfigurasi yang kita lakukan disimpan dan dijalankan oleh sistem. Karena kita menggunakan CLI sehingga agar konfigurasi kita dijalankan oleh system harus melakukan restart pada setiap service yang kita konfigurasikan. Restart apache dengan mengetikkan perintah #service apache2 restart jika konfigurasi anda tidak bermasalah maka akan seperti ini





Setelah itu coba ketikkan domain anda di web browser anda. Jika telah benar-benar berhasil maka akan keluar tampilan sesuai dengan apa yang kita buat pada file index.html di direktori yang ada pada file kiki yang terletak di apache site available tadi. Seperti inilah contohnya






No comments:

Post a Comment