Monday, December 24, 2018

TIPS SEHAT BERKOMPUTER

Di jaman modern seperti sekarang ini, kehidupan sehari-hari kita tidak pernah lepas dari komputer atau laptop. Komputer merupakan perangkat yang mempermudah hidup manusia dalam bekerja. Ada banyak orang yang pekerjaan sehari-harinya harus duduk di depan komputer. Tanpa disadari hal tersebut merusak kesehatan kita, sama buruknya dengan perokok. Maka dari itu saya ingin membagikan tips sehat menggunakan komputer.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan komputer :

1. Banyak Minum Air
Hal ini dianggap sepele, tapi tahukah anda tubuh kita sebagian besar terdiri dari Air, maka dari itu kita harus Banyak Minum, minimal 2 Liter tiap hari, apalagi untuk para pengguna Komputer meskipun berdiam diri tetapi sebenarnya lebih memerlukan cairan karena posisi yang tetap dan kegiatan pada mata  yang berlebihan.

2. Bergerak Setiap 20 Menit
Mengapa kita harus bergerak setiap 20 menit ketika menggunakan  komputer? hal ini karena tubuh yang jarang digerakkan dapat mengakibatkan melemahnya organ-organ pada tubuh manusia. Makannya kita harus banyak bergerak meskipun menggunakan komputer.



3. Duduklah dengan posisi yang benar
Posisi duduk juga mempengaruhi para pengguna komputer, karena saat kita berdiam diri di depan komputer terkadang posisi kita duduk membuat tubuh kita tidak sehat.
Ini adalah posisi duduk yang baik saat menggunakan komputer.


Ini posisi yang tidak baik saat menggunakan komputer.

 
 4. Pola 20 20 20 untuk mata
pola 20 20 20 mungkin hal yang biasa, tapi tahukah anda ternyata posisi ini sangat berpengaruh pada kesehatan mata dan dapat menyebabkan berkurangnya jarak pandang.

5 . Bersihkan Keyboard dan Mouse anda secara teratur
Membersihkan Hardware juga penting, karena sering kita sentuh dapat menyebabkan menumpuknya bakteri-bakteri yang menempel pada tangan saat kita melakukan kegiatan sehari-hari. Jadi jangan sampai tidak mencuci tangan dengan sabun ketika kita akan makan. Karena bisa saja bakteri yang kita bawa ketika menggunakan komputer menempel di tangan kita. dan terbawa masuk kedalam tubuh kita dan menyebabkan sakit perut atau gangguan penyakit lainnya.

6. Pengaturan cahaya
Pengaturan cahaya ketika mengguanakan komputer sangat penting, karena dapat merusak mata kita. di usahakan  cahaya ruangan lebih terang dibandingkan cahaya dari komputer anda karena cahaya dari komputer dapat menyebabkan radiasi dan membuat mata anda cepat lelah. kita akan merasakan cape dan terasa perih di mata.

No comments:

Post a Comment